Aplikasi 3D Printer paling sederhana

Dalam posting kali ini saya memberikan contoh aplikasi yang paling sederhana dari 3d printer, Permasalahkan awal, Saya sering menyimpan komponen integrated circuit atau IC, karena wadahnya sudah tidak ada maka sering kali saya jumpai kaki-kaki pada IC bengkok bahkan patah. Untuk itu saya mendesain bentuk sederhana dimana nantinya saya jadikan sebagai wadah IC sehingga aman dari benturan dan kaki-kaki IC tidak lagi bengkok.

Desain sederhana Tempat IC 

Hasil desain setelah saya print 


Dari  gambar di atas saya coba mencetak dengan 2 jenis bahan yang berbeda yaitu PLA putih dan ABS warna hitam, Terlihat PLA permukaannya lebih halus dibanding ABS, namun dari segi ketahanan maka ABS lebih unggul jika terpapar sinar matahai.

Dalam kasus saya masalah terpecahkan, Sekarang saya bisa simpan komponen dengan aman tanpa khawatir lagi kaki-kaki komponen bengkok atau patah. Ini adalah contoh sederhana, Mungkin anda memiliki kedala berbeda.

Silahkan bagi siapa saja yang ingin memberikan ide atau saran.
HUB WA 0858 -7853-7883.
Terima Kasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments