Bahan yang di gunakan untuk 3d printer

Penyebutan bahan atau material dalam 3d printing di sebut filament, bentuk dari filament ini seperti kawat yang rata2 berdiameter 1.75mm, adapun bahan dasar pembuatan filament adalah sebagai berikut.



  • Polylactic acid atau Polylactide Juga sering di sebut PLA, PLA ini bahan yang paling sering di gunakan karena mudah sekali di bentuk dan bisa menghasilkan permukaan yang halus.
  • Acrylonitrile Butadiene Styrene Juga sering disebut ABS, ABS ini memiliki daya tahan lebih terhadap sinar matahari dan biasanya bahan abs adalah bahan yang sering di gunakan dalam industri. Namun ABS lebih sulit di cetak di banding dengan PLA.
  • High Impact Polystyrene Sering di sebut HIPS, Bahan ini biasanya di pakai untuk support saja, karena sifatnya mudah sekali terlepas dari PLA / ABS. Bahan HIPS ini lebih mirip dengan ABS dari segi kekuatannya.
  • Nylon juga disebut sebagai poliamida. Nilon sering digunakan ketika suatu benda membutuhkan kekuatan dan sedikit fleksibilitas. Filament berbahan dasar Nylon ini lebih sulit untuk dicetak, membutuhkan keahlian khusus dan pengaturan suhu yang berbeda dari jenis filament yang lainnya.

Masih banyak yang belum saya tulis disini akan saya bahas di posting selanjutnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments