Mencetak huruf dengan printer 3 dimensi



 Sharing mencetak huruf dengan 3d printer

Keterangan gambar : Ketinggian huruf 15mm, Ketebalan 4mm. kali ini saya mencoba dengan menggunakan infill 0% atau dengan kata lain bagian tengah kosong tidak ada material sama sekali. tujuan saya menggunakan infill 0% adalah untuk mempercepat proses print dan menghemat bahan.

Desain tulisan nya adalah sebagai berikut saya gunakan font impact.

Simulasi tampilan sebelum di print.
Pengaturan : Top solid layers 4, Bottom solid layer 4, Outline 2.

Kesimpulan : 

Infill 0% bisa menimbulkan titik2 lubang pada atas huruf, bisa dilihat pada gambar no 1 karena material akan turun tidak bisa merata sesuai dengan ukuran sebenarnya, jika saya menggunakan infill 100% alias 100% volume terisi maka tidak akan timbul lubang2 kecil. Ukuran teks sangat kecil jadi retraction bisa mempengaruhi hasil cetak jadi lebih baik mencetak per huruf saja dari pada mencetak semua huruf secara bersamaan. Kesalahan kedua adalah setting kecepatan sangat tinggi perlu di turunkan 30% dari kecepatan mencetak normalnya. ( Mungkin dengan menambah top solid layers bisa memperbaiki hasil cetaknya ).

Kedepan saya akan mencoba solusi terbaik supaya dengan infill 0% bisa menghasilkan kualitas yang lebih bagus, Silahkan bagi yang ingin berbagi pengalaman atau solusi bisa hub saya, terima kasih sudah mampir di blog saya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments