Manfaat 3D Printing dalam medis.

Dalam dunia medis atau kesehatan memang 3d Printing sudah berperan banyak namun rata2 hanya sebagai prototype saja atau dalam artian sebagai desain awal saja. Namun bebera hari ini saya mendengar berita bahwa 3d printing bisa di manfaatkan dalam kondisi yang mendesak untuk menggantikan sementara komponen medis karena pasokan yang kurang atau terlambat di sebuah rumah sakit di italy ( Penyebab pastinya saya tidak tau kenapa sampai memproduksi sendiri ).

Kita tau bahwa perang dunia terhadap covid-19 atau virus corona telah menyebar luas yang bisa mengakibatkan banyak sektor terhabat, entah itu bisa karena pasokan peralatan medis yang sedikit sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan yang melonjak drastis.

Di sebuah rumah sakit italy mencetak sendiri ICU Valves dengan mesin 3D printer, Desain awal dicetak dengan Printer FDM dan itu berhasil menyelamatkan bayak nyawa. Kemudian untuk memproduksi lebih banyak dan cepat menggunakan Printer SLS.



Pesan penulis untuk pecinta 3D printing adalah teruslah berkarya, mari kita ciptakan sendiri produk yang unik dan bermanfaat sehingga bisa membantu lebih banyak orang, Terima Kasih sudah mampir di blog saya, Semoga kita selalu di beri kesehatan oleh tuhan yang maha esa.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments