3D Printing menggunakan bahan PMMA

Kalau sudah mencoba bahan PLA, PETG, TPU, ABS, mungkin kamu perlu mencoba pakai bahan yang satu ini. PMMA merupakan bahan baru yang memiliki banyak keunggulan, bahkan katanya kekuatan dan daya tahan terhadap panas dan sinar matahari lebih baik.

Setelah beberapa kali ujicoba print menggunakan bahan filament PMMA maka saya bisa mengambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :

  • Bahan terbilang cukup kuat agak lentur hampir mirip PETG.
  • Lebih baik dibanding ABS karena mencetak menggunakan filament ABS tidak bisa halus dan cenderung agak kasar.
  • Tahan terhadap panas, tidak mudah lapuk dan jika terpapar sinar matahari lama tidak masalah.
  • Proses print mudah dibanding ABS. tidak perlu print yang tertutup.
  • Cocok untuk mencetak part atau komponen yang sifatnya bergerak, misal casing drone / RC dll.
  • Tahan terhadap benturan, tidak mudah pecah kalau jatuh.

Yang saya tulis di atas adalah penilaian saya sebagai pemula dalam dunia 3D printing jadi anda perlu ujicoba sendiri untuk mengetahui detailnya. Setting yang saya gunakan adalah seperti di bawah ini :

  • Suhu Nozzle sekitar 250
  • Suhu Bed minimum 90
  • Speed 50
  • Coolong Fan : 0 ( opsional, saya tidak menggunakan pendingin jika proses print malam hari ).
  • Bed bisa pakai kaca, bawaan EDER 3 tidak bisa digunakan ( jika masih ngotot maka naikkan suhu bed ke maksimal sekitar 110.

Sekian kali ini, jika anda ingin ujicoba bareng2 boleh main ke tempat saya nanti saya berikan sample dan saya tunjukkan settingan saya. GRATISS. Terima kasih

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »
Comments